Tuesday, December 15, 2009

Forum Diskusi "Jalinan Ruang dalam Arsitektur Jepang" dan Seminar "Sustainable Architecture in Work"

Memang merupakan sebuah cita-cita bersama dalam IAI Cabang Malang untuk secara rutin mengadakan acara-acara yang sifatnya membangun pengetahuan dan keterampilan para arsitek di kota Malang. Selain acara-acara yang skalanya cukup besar, seperti rapat kerja dan event yang dapat diikuti seluruh anggota, juga akan diusahakan acara yang skalanya lebih kecil seperti diskusi dan sarasehan berkala dengan topik yang berbeda-beda, seperti mengundang pembicara, presentasi hasil karya atau hasil perjalanan arsitektur. Melalui acara-acara ini, diharapkan potensi serta pengetahuan merancang arsitek juga akan meningkat seiring meningkatnya profesionalisme.

Acara Forum Diskusi Arsitektur digelar pada tanggal 29 November 2009 setelah didahului oleh rapat pengurus bulanan untuk membahas kegiatan dan eksistensi IAI Malang.




Rapat berkala Pengurus IAI Cabang Malang

Acara forum diskusi ini, mengetengahkan tema 'Jalinan Ruang Dalam Arsitektur Jepang' yang secara khusus banyak mengambil pembahasan tentang arsitektur Tadao Ando, disampaikan oleh dua pembicara yaitu Eka Swadiansa dan Heri Santosa, ST. MT yang kebetulan sempat mengunjungi beberapa karya Tadao Ando di Jepang. Dari pengamatan ini dijelaskan tentang berbagai aspek arsitektur yang melingkupi dasar pemikiran rancangan Ando, seperti latar belakang proyek, budaya, serta hasil rancangan dalam bentuk fotografi yang menarik untuk disimak. Presentasi semacam ini ternyata mendapatkan perhatian dari peminat yang cukup banyak dari kalangan arsitek maupun mahasiswa di Malang sehingga acara-acara serupa diharapkan akan diadakan terus menerus.


Forum diskusi arsitektur "Jalinan Ruang dalam Arsitektur Jepang"


Eka Swadiansa dalam presentasinya



Heri Santosa dalam presentasinya

***

Seminar Sustainable Architecture in Work.
Acara kolaborasi yang merupakan inisiatif dari Universitas juga banyak mengundang IAI sebagai kolaborator, dimana dari acara-acara semacam ini anggota bisa mendapatkan nilai kumulatif. Pada bulan Desember 2009, acara yang diadakan oleh Universitas Merdeka Malang mengundang para pembicara utama yaitu Eko Prawoto, Haris Wibisono dan Budi Pradono. Dalam kesempatan ini dibahas tentang "Sustainable Architecture in Work" yaitu seminar yang membahas arsitektur yang sustainable dari sisi karya maupun praktek. Maraknya topik serupa memang sudah waktunya diketahui oleh lebih banyak arsitek agar dapat diimplementasikan dalam karya nyata.


Dilihat dari kacamata yang lebih global, tampaknya, animo dan ketertarikan masyarakat, akademisi dan praktisi arsitek di kota Malang terasa makin mendukung keberadaan dan peran IAI, yang memang diharapkan mampu membuat perubahan berarti dari sisi keprofesian dan wacana arsitektur, yang langsung maupun tidak langsung berdampak pada teraturnya profesi dan hasil karya arsitektur.


(Ditulis oleh Probo Hindarto, Badan Sistem Informasi)

0 comments:

Post a Comment