Saturday, January 23, 2010

Pertemuan rapat IAI Cabang Malang, 13 Januari 2010

Pembahasan Roadshow ke Kampus kampus di Malang
Pertemuan malam ini membahas agenda bulan Februari yaitu roadshow IAI cabang Malang ke kampus kampus, workshop tentang thermal dalam arsitektur, serta strata satu dan dua untuk arsitek sebagai pembekalan sertifikasi. Dimana untuk mendapatkan sertifikasi madya, dibutuhkan pembekalan berupa strata satu dan strata dua.




Roadshow untuk mensosialisasikan IAI Cabang Malang ke kampus kampus disekitar kota Malang akan segera dilakukan dan pada malam ini sudah disetujui oleh rapat. Akan dibuat permintaan kerjasama dengan Universitas-universitas di Malang dalam upaya ini.

Pembahasan sistematika pengurusan SKA
Pembahasan pertemuan malam ini juga tentang pengurusan SKA bagi anggota, dengan membicarakan bagaimana sistematika dan tata cara untuk mengurus SKA serta untuk mempermudah anggota mendapatkan sertifikasi profesional tersebut. Mekanisme penilaian untuk anggota agar mendapatkan sertifikasi dibahas dengan lebih detail, termasuk bagaimana cara interview dan presentasi karya. Ada kebutuhan untuk mendapatkan prosedur paling tepat untuk penilaian karya yang ada, mengingat barangkali terdapat persamaan atau perbedaan dari cara penilaian IAI tingkat nasional dan IAI tingkat Cabang. Usulan yang diberikan antara lain mengubah sistem penilaian yang selama ini menggunakan cara seperti sidang TA mahasiswa, digantikan dengan presentasi secara lebih publik seperti layaknya presentasi karya arsitektur.




Pada dasarnya terdapat standarisasi yang sudah dibuat untuk penilaian yang biasa dilakukan, yaitu kelengkapan kuantitatif karya bagi sebuah project, yaitu kelengkapan gambar kerja denah, tampak dan potongan. Terdapat pertanyaan dari forum tentang bagaimana penilaian karya yang secara kualitatif, apakah perlu untuk juga distandardisasikan.

Rencana Penerbitan buku IAI untuk memperingati 50 tahun IAI. 
Sehubungan dengan rencana penerbitan buku IAI Nasional yang melihbatkan IAI seluruh Indonesia, dibahas surat yang sampai kepada ketua IAI. Surat tersebut memberitahukan tentang penerbitan buku diinformasikan melalui surat kepada ketua IAI Cabang Malang Haris Wibisono. Buku tersebut akan berisi berbagai profil dan pengurus daerah dan cabang IAI seluruh indonesia. Anggaran yang dibutuhkan adalah sebesar 350 juta, dimana ada permintaan kontribusi kepada seluruh anggota IAI. Dalam surat tersebut ditunjukkan kesediaan IAI daerah Jawa Barat untuk menyumbang sebesar 50 juta rupiah.



Dalam diskusi yang dikembangkan, masih terdapat pertanyaan tentang keberadaan buku IAI yang akan diterbitkan ini. Apakah keberadaan buku ini untuk anggota IAI atau untuk masyarakat umum dan bagaimana distribusinya. Sehubungan dengan kepentingan masing masing anggota untuk mendapatkan buku ini setelah memberikan sumbangan, atau apakah buku ini dijual untuk khalayak umum, serta materi apa yang dibahas dalam buku tersebut. Dana yang disebutkan dalam surat ini disebutkan sebagai sumbangan untuk penerbitan yang akan dimintakan sumbangan kepada masing anggota IAI di seluruh Indonesia.




other Buzz
Beberapa hal lainnya seputar keberadaan IAI cabang Malang dan kontribusinya terhadap dunia arsitektur di kota Malang juga dibahas dalam rapat ini. Diharapkan rapat ini tidak hanya tertutup bagi pengurus IAI saja, tapi juga anggota yang berminat, serta memang terdapat nilai Kum dari pertemuan semacam ini.


(Ditulis oleh Probo Hindarto, Badan Sistem Informasi IAI Malang)

0 comments:

Post a Comment