Friday, April 22, 2011

Rapat Kerja Pengurus IAI Cab Malang 22 April 2011

Ditulis oleh Probo Hindarto
Bidang Sistem Informasi IAI Malang

Rapat IAI diadakan pada 22 April 2011 yang sebenarnya sudah agak lama tidak dilakukan sehingga pertemuan ini diharapkan memicu beberapa kegiatan yang akan dilakukan, misalnya seperti Rapat Kerja Cabang dimana semua anggota yang hadir bisa berbicara.

Haris Wibisono: Rapat ini pun isa dikategorikan sebagai Rapat kerja yang agak mengkhususkan pada pengurus IAI. Rencana selanjutnya adalah menggelar penataran Strata IAI di Malang.

Seger: Kepengurusan AIAI sebaiknya dihidupkan dengan melakukan banyak kegiatan seperti rapat kerja yang dilaksanakan secara kongkrit. Semua bidang / departemen sebaiknya melakukan update terhadap kegiatannya, merumuskan tentang apa yang akan dilakukan atau agenda dari departmenennya. Tanpa rapat yang berkelanjutan maka banyak agenda yang akan menumpuk dan bias. Pertemuan berkala sebaiknya dirumuskan untuk menjadi agenda rutin.

Haris Wibisono: Arsitek Malang untuk berkumpul memang merupakan kegiatan yang jarang, karena itu untuk mepererat kegiatan harus diadakan acara rutin. Acara roadshow yang sebagian besar sudah dilakukan di kampus bisa diteruskan dengan rapat kerja  Untuk Rapat kerja cabang tentang tempat dan waktu tidak menjadi masalah. Kegiatan IAI Cabang Malang termasuk paling banyak melakukan kegiatan sehingga termasuk paling banyak mengajukan nilai KUM. Hal ini disebabkan karena hubungan yang baik dengan Kampus kampus di Malang.

Budi Fathoni: Program kerja IAI Cabang Malang sebaiknya disosialisasikan lebih baik pada anggota sebagai sosialisasi dari kegiatan apa saja yang sudah dilakukan. Hal ini sehingga anggota yang bukan pengurus bisa ikut memikirkan. Lebih banyak yang tahu akan lebih mempercepat pengakuan.

Haris Wibisono: Rapat kerja merupakan sosialisasi secara langsung dengan moderator yang bisa mengarahkan untuk membicarakan tentang program dan sertifikasi.

Agung Murti: Pengurus IAI Cabang Malang masih terasa seperti 'Dream team' yang fungsinya sebagai motor. Kendalanya adalah seharusnya IAI harus bisa lebih menjadi pemain yang bersiasat. IAI bisa menjadi mediator untuk hubungan antar kampus di Malang. Untuk menjadi payung kegiatan kampus dan IAI.
Dari departemen akademik memang terbantu dari banyak kegiatan yang sifatnya berhubungan dengan dunia akademis, misalnya workshop arsitektur.

Seger Supriadi: Setuju, hubungan antar akademik harus diper erat. Bila ingin tahu tentang kegiatan IAI bisa di cek melalui website, hal ini untuk menjadi pengetahuan dan informasi.

Haris Wibisono: Terbersit keinginan untuk mengadakan kerjasama dengan Event Organizer untuk mempermudah IAI melakukan berbagai kegiatan. Masalah yang dihadapi saat ini adalah kekurangan tenaga pelaksana untuk melakukan kegiatan. Untuk melakukan Strata

Brice Marinka: Strata sebaiknya segera dilakukan meskipun tidak selalu harus dimulai dari Strata 1, bahkan bisa strata V dan sebagainya sehingga tidak terlalu terikat untuk membuat sebuah event yang benar benar besar. Beberapa Event Organizer bisa diajak kerjasama bahkan secara angaran bisa dibicarakan.

Haris Wibisono: Untuk Strata memang materina harus konsentrasi lebih tinggi. Pemateri strata tidak seperti penatar seminar. Pengalaman dari Strata yang ada di Jawa Timur bisa ditatar oleh orang yang bukan praktisi. Pelaksana teknis untuk strata bisa dibentuk oleh bidang/ badan yang sudah ada.
Arsitek ber SKA biasanya terlibat dalam proyek, tapi banyak juga yang hanya 'dipinjam'. Dalam hal ini IAI sudah saatnya berani membahas jasa arsitek dengan fee-nya, bisa kuat untuk mengatur profesinya. Dalam hal ini pentingnya komunitas dimana kita bisa sharing berbagai hal seperti ini. Bila perlu dalam rapat kerja bisa menjadi satu tema tersendiri. Di sektor pemerintah untuk arsitek memang dilibatkan dalam arsitek yang harus bersertifikasi. Namun untuk swasta belum.

Sahirwan: Untuk Asessor sebaiknya sudah dipikirkan juga. Para anggota baru sebaiknya didorong untuk ikut dalam penataran Strata.

Brice: seharusnya ada koordinator yang berkumpul untuk membahas hal ini.

Sahirwan: banyak hal juga butuh perhatian seperti furnsi aministrasi dan sekretariant yang terpaksa ditangani secara pribadi.

- selanjutnya membahas tentang Sertifikasi SKA

Kegiatan yang akan dilakukan terdekat antara lain adalah Universitas Brawijaya akan mengadakan acara mengundang 19 arsitek terkemuka Indonesia yang akan dimulai dengan Adi Purnomo pada Tanggal 30April2011.

0 comments:

Post a Comment