Wednesday, March 27, 2013

Pertemuan IAI Cab Malang 27Maret2013

Pertemuan malam ini membahas lanjutan tentang pemilihan perwakilan IAI dalam Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG) yang akan menilai bangunan-bangunan publik dan merupakan bagian dari Departemen PU. Setelah dibentuk tim kecil untuk pemilihan perwakilan tersebut maka sudah terdapat calon yakni Bapak Soehartono. Tugas perwakilan TABG adalah memberi penilaian sebelum memberikan ijin bangunan dan tugas ini berlangsung pada saat perencanaan, pembangunan dan bahkan setelah digunakan.

Apa yang dibahas dalam undang2 memang menarik namun banyak masih terasa kepentingan politis. Karena itu fungsi TABG akan menjadi semacam tenaga ahli bangunan gedung dan perkotaan yang sifatnya sebagai pendamping. Meskipun ada perwakilan dalam IAI masih ada kemungkinan bahwa keberadaan TABG belum akan maksimal. Secara nasional ada tim IAI yang dilibatkan dalam memikirkan perkembangan kota yang berujung pada Perda Bangunan Gedung. Perda ini sudah berlaku di beberapa kota besar dan diharapkan untuk dapat diterapkan di semua kota. Meskipun demikian banyak kota yang dirasa belum siap. Masih merupakan pertanyaan besar apakah kota Malang dapat melaksanakan sepenuhnya melihat dari situasi politis.

Pemerintah memerlukan dukungan dan SDM yang memadai untuk mendorong pemerintah dalam menentukan kebijakan dan mendorong tegaknya peraturan. Peraturan yang dibuat sudah sangat bagus namun pelaksanaannya banyak yang belum sesuai. Hal ini merupakan cacat dalam pengelolaan kota. Perjuangan IAI secara nasional merupakan langkah maju diantaranya masuk dalam pembuatan Perda dan juga rencana UU Arsitek.

(Dilaporkan oleh Probo Hindarto)

1 comments:

Alfi said...

Selamat pagi 🌅
Saat ini instansi saya membutuhkan Tenaga ahli arsitektur/Landscape untuk penyusunan DED Ruang Terbuka Hijau kota Malang, untuk kontrak bulan september-desember 2015.
Mohon info kontak IAI Kota Malang. Terimakasih.
alfi-Surabaya

Post a Comment