Thursday, September 8, 2016

PROFIL & SEJARAH IAI CABANG MALANG




IKATAN ARSITEK INDONESIA
CABANG MALANG

IAI didirikan secara resmi di Bandung pada tanggal 17 September 1959.

IAI aktif dalam kegiataninternasional, melalui keanggotaannya di ARCASIA (Architects Regional Council of Asia) sejak tahun 1972 dan di UIA (Union Internationale des Architectes) sejak tahun 1974, dan AAPH (Asean Association Planning and Housing) dimana IAI merupakan salah satu pendirinya.


Pada tahun 50 an ada instruksi membentuk perusahaan gabungan untuk memudahkan komunikasi pemerintah dan duania pengusaha dan menentukan standar kerja bagi para pelakunya. Pada April 1959 dibentulah GAPERNAS (Gerakan Perusahaan Perencanaan dan Pelaksanaan Nasional) . 
Terbentuknya GAPERNAS tidak membuat puas para arsitek, karena kedudukan perencanaan tidak sama dan tidak setara dengan pelaksanaan.Pekerjaan perancangan berada di ruang lingkup konsultan (professional) yang mencangkupi tanggung jawab moral dan kehormatan perorangan . 

Ketidak puasan ini memicu lahirnya organisasi profesi arsitek yang diprakarsai oleh 3 orang arsitek muda yaitu :
1.Ars. F Silaban Arsitek otodidak yang memenangkan sayembara Gerbang Makam Pahlawan Kalibata dan Perancangan Masjid Istiqal.
2.Ars. Soehartono Soesilo Lulusan Arsitek ITB tahun 1958
3.Ars. Lim Bwan Tjie

Dan 18 arsitek muda lulusan pertama Jurusan Arsitektur ITB tahun 1958-1959

Pada 17 September 1959 di rumah makan Dago Theehuis Bandung terumuskan tujuan, cita-cita, konsep, anggaran Dasar dan dasar-dasar pendirian persatuan arsitek murni, sebagai yang tertuang dalam dokumen pendiriannya, Menuju Dunia Arsitektur Indonesia yang Sehat. Dan terbentuklah organisasi IAI (Ikatan Arsitek Indonesia).

IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) Cabang Malang terbentuk dari pecahan IAI Daerah Jawa Timur yang terbentuk pada 1 November 1975 . 

Pada tahun 1992 para akademisi Arsitektur di Malang yang terdiri dari beberapa gabungan Universitas di Malang yaitu ITN (Intitut Teknologi Nasional), UB ( Universitas Brawijaya), dan UNMER (Universitas Merdeka) membutuhkan wadah kegiatan karena banyaknya anggota dan lulusan arsitek di Kota Malang. 

Pada saat itu perintis pertama IAI Cabang Malang adalah Bapak Didiek Suharjanto,IAI dan menjadi Ketua IAI Cabang Malang Periode I kemudian berlajut :

Bapak Tunjung Wijayanto Suharso, IAI :  Ketua IAI Cabang Malang Periode II
Bapak Bambang Prayitno, IAI                :  Ketua IAI Cabang Malang Periode III
Bapak Antung Harudji, IAI                     :  Ketua IAI Cabang Malang Periode IV
Bapak Haris Wibisono, IAI                     :  Ketua IAI Cabang Malang Periode V
Bapak Sahirwan, IAI                               :  Ketua IAI Cabang Malang Periode VI


0 comments:

Post a Comment