Monday, October 31, 2016

SAYEMBARA BUNDARAN SEKARTAJI


SAYEMBARA BUNDARAN SEKARTAJI KEDIRI


Kota Kediri semakin berbenah dan berkembang ditandai dengan  meningkatnya kualitas sarana dan prasarana pembangunan fisik berbagai aspek, diantaranyapendidikan, pariwisata, dan perdagangan. Taman Sekartaji yang terletak di Kecamatan Mojoroto ini merupakan salah satu aset wisata Kota Kediri yang selalu menjadi tempat favorit para anak muda dan keluarga untuk berwisata kuliner terutama di malam hari saat akhir pekan.
Tepat di depan Taman Sekartaji terdapat Bundaran Sekartaji yang tak kalah terkenal. Saat malam hari, di area sekitarnya banyak didirikan warung lesehan jagung bakar dan kopi yang menjadi jajanan khas disana, sehingga banyak anak muda maupun keluarga memenuhi pinggir jalan di dekat Bundaran Sekartaji untuk tempat bersantai dan berkumpul.  

Didekat Bundaran terdapat Monumen Kediri Syu yang berdiri tegak dan gagah dan termasuk salah satu situs budaya Kota Kediri. Monumen Kediri Syu ini dibuat untuk mengenang keberadaan dan jasa-jasa pasukan Pembela Tanah Air (PETA) yang berada di wilayah Karesidenan Kediri, baik di zaman Jepang dan terutama pada saat revolusi fisik masih berlangsung. Syu merupakan bentuk pemerintahan tertinggi di Jawa setingkat karesidenan yang digunakan semasa pendudukan bala tentara Jepang di Indonesia, dan selama berlangsungnya Perang Pasifik. 

Didekatnya lagi ada sebuah gereja tua terkenal dengan sebutan “Gereja Merah” (Gereja Protestan Barat) Kediri, sebuah Benda Cagar Budaya Kota Kediri yang merupakan peninggalan kolonial. Bentuknya juga eksotis bernuansa gotik bercatkan merah tua yang tentunya menambah keeksotisan Taman dan Bundaran Sekartaji. Di sepanjang kawasan ini juga banyak terdapat sekolah dan perguruan tinggi yang sangat vital menjadikan citra kawasan ini sebagai kawasan pendidikan.   Melihat besarnya potensi lokal pada Taman dan Bundaran Sekartaji ini, perlu dilakukan renovasi pembangunan Tugu Bundaran agar terwujud Landmark kawasan yang berkarakter. Adanya monumen UKS pada Bundaran Sekartaji saat ini, masih dianggap kurang representatif mewakili icon kawasan. 

Bundaran yang menjadi salah satu pusat interaksi masyarakat dan memiliki axis bagi bangunan di sekitarnya, merupakan salah satu unsur pembentuk struktur tata ruang pusat kota dan memiliki satu kesatuan hubungan yang erat dengan tata letak bangunan di sekitarnya. Bundaran yang berkarakter akan memperkuat citra kota yang berkarakter, sehingga secara tidak langsung akan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, menjadi kebanggaan warga, memperluas partisipasi publik dalam pembangunan, dan meningkatkan perkembangan kota secara optimum.  Untuk lebih mewujudkan keterwakilan aspirasi tersebut maka Dinas Pekerjaan Umum Kediri, bermaksud menyelenggarakan Sayembara Desain Tugu Bundaran Sekartaji yang terbuka bagi umum dan dalam penjuriannya melibatkan professional di bidangnya. Hal ini diupayakan agar terwujud Landmark  Bundaran Sekartaji yang berkarakter sebagai kawasan pendidikan dan pariwisata. 




Gambar Letak lokasi Bunderan Sekartaji
 Gambar Layout Bunderan Sekartaji


 Gambar Existing Bunderan Sekartaji



2 comments:

Unknown said...

Untuk Contact Person yang bisa dihubungi min?

admin IAI arema said...

http://kedirikota.go.id/read/Sekartaji/129/1/60/Bundaran%20Sekartaji.html
bisa dilihat di TOR nya yya di link atas

Post a Comment