Saturday, August 3, 2019

Video Acara Raker & Forum Diskusi Koridor Kayutangan Malang

video by Fuad Anwar

Rapat kerja hari ini tanggal 3 Agustus 2019, dimulai dengan pemaparan seputar Pelestarian dan Cagar Budaya / Kawasan yang disampaikan oleh 
  • Ir. Widya Wijayanti, MPH, MURP, tim ahli Cagar Budaya Semarang, serta 
  • Dr. Ir. R. A. Retno Hastijanti, MT, akademisi dan ketua tim Ahli Cagar Budaya Surabaya.


Dari kedua narasumber diatas, didapatkan berbagai pengetahuan tentang kasus pelestarian dan cagar budaya / kawasan yang banyak ditemui oleh beliau. 

Narasumber membahas tentang penataan kawasan cagar budaya di Semarang maupun Surabaya, berkaitan dengan undang-undang dan pelaksanaan undang-undang di lapangan. Pembahasan tersebut menjadi bahan untuk memberikan saran bagi pengembangan kawasan Kayu Tangan, berkaitan dengan kawasan tersebut sebagai pusat perdagangan di masa lalu yang pada saat ini mulai menuai surut. Namun demikian keberadaan Kayutangan tetap menjadi aset kawasan budaya yang layak untuk ditingkatkan kualitasnya. Dalam hal ini perlu dipikirkan dampak yang ditimbulkan dari upaya pelestarian terhadap kehidupan sosial masyarakat, karena hal tersebut tidaklah terpisahkan. 

Saran-saran juga disampaikan oleh tim TACB di Kota Malang dan juga hadirin yang datang.

Presentasi penataan kawasan Kayutangan disampaikan oleh tim MAD+, dimana posisi dan keberadaan MAD+ juga dibahas sebagai salah satu upaya memberdayakan arsitek-arsitek yang tergabung melalui IAI Wilayah Malang, sekaligus sebagai jembatan untuk memberikan sumbangsih desain yang berwawasan arsitektural. 

Semoga bermanfaat.

-PH-

0 comments:

Post a Comment